Selamat datang di SIMAK BMN TOPDAM IX/UDAYANA, silahkan mengisi BUKU TAMU, semoga blog yang sederhana ini bermanfaat, terima kasih atas kunjungan ANDA
Widget edited by super-bee

TOPDAM IX/UDAYANA

ARTI DAN MAKNA LAMBANG


Pusara LIKHITA BHUTALA YUDDHA KARYA Berarti mencatat/menggambarkan permukaan bumi (peta) untuk keperluan perang (pertahanan) dan pembangunan nasional untuk menuju masyarakat adil dan makmur sesuai dengan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

Tiang Pusara terbuat dari kayu bulat panjang dengan garis tengah 4 cm dan panjang 2,5 cm. Pada leher tiang tertulis Surya Sengkala Karana (Alat) Riya (Membuat) Sarvada (terus-menerus) Prativi (Bumi). Yang berarti TOPAD adalah "Suatu alat yang secara terus menerus membuat gambar permukaan bumi."

1.             Alat ukur Theodolit
    Merupakan alat ukur untuk mengukur sudut jarak, ketinggian dan penentuan posisi dengan mengukur bintang dalam rangka pelaksanaan pembuatan peta. Gambar Theodolit tersebut dalam keadaan siap ukur yang diartikan bahwa TOPAD siap sedia untuk melaksanakan tugasnya dalam setiap saat.

    2.            Bola Dunia

    Diartikan bahwa tugas TOPAD dalam membuat peta dan mengumpulkan data medan dari seluruh permukaan bumi terutama wilayah negara RI. Bola dunia digambar dengan 5 garis lintang yang mengandung arti 5 pasal dari Sumpah Prajurit serta 7 garis bujur yang berarti tujuh pasal Sapta Marga.

    3.            Kertas

    Menggambarkan bahwa hasil pengukuran dibuat dengan menggunakan proyeksi tertentu digambarkan pada lembar kertas.

    4.            Untaian padi dan kapas

    Merupakan suatu lambang kemakmuran bagi bangsa Indonesia. Untaian padi terdiri dari 26 butir, untaian kapas 4 buah, ditambah 6 helai daun padi dan 6 helai daun kapas merupakan rangkaian angka 26-4-1946 yang merupakan hari lahir TOPOGRAFI TNI ANGKATAN DARAT.

    5.            Bintang bersudut lima

    Diartikan bahwa tiap tindakan anggota TOPAD adalah berdasarkan ketulusan hati, kesucian jiwa dan menganggungkan Tuhan Yang Maha Esa.

    Warna Hijau Tua : Lambang Kepercayaan

    Biru Muda  : Lambang Kehalusan

    Putih : Lambang Kesucian dan Kebersihan hati

    Kuning Emas : Lambang Keluhuran, Kejayaan.



    TOPDAM IX/UDAYANA

    1. Kedudukan

    Topografi Kodam, disingkat Topdam adalah Badan Pelaksana Kodam yang bekedudukan langsung dibawah Pangdam (KODAM IX/UDAYANA)

    2. Tugas Pokok

    Topdam bertugas pokok menyelenggarakan penyediaan dan penyajian informasi Geografi/Medan Wilayah Kodam dalam bentuk Pembaharuan (Revisi) Peta Topografi, data dan analisa medan, serta pembuatan Produk Topografi Lainnya dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam.

    3. Tugas – tugas

    Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut diatas, Topdam melaksanakan tugas-tugas sebagai berikut :

    A. Tugas (Melaksanakan Fungsi Utama).

    1) Pemetaan. 
    Meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan yang berkenaan dengan Pembaharuan (Revisi) Peta Topografi Kedar 1 : 50.000 dan 1 : 100.000, pembuatan Peta Daerah Latihan Kodam dan melaksanakan survey serta demarkasi Batas Wilayah Propinsi,Kabupaten dan Kota, memberikan asistensi teknik Ilmu Medan bagi satuan jajaran Kodam.

    2) Geografi. 
    Meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan yang berkenan dengan pembuatan Laporan Geografi Militer/Medan Wilayah Kodim, dan Sistem Informasi Geografi Wilayah Kodam serta Analisa Medan Daerah Latihan Kodam.

    3) Pembuatan Produk Topografi lainnya. 
    Meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan yang berkenaan dengan pembuatan Peta Tematik , Gazetter wilayah Kodim, Model Medan dan Mozaik Foto Udara untuk mendukung kebutuhan Kodam.

    4) Pembinaan Materiil Topografi. 
    Meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan yang berkenaan dengan :
    a) Penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan Peta Topografi, Alat Topografi dan Produk Topografi lainnya
    b) Pendistribusian dan Pengadministrasian Peta Topografi dan alat GPS Navigasi serta Produk Topografi lainnya kepada Satuan jajaran Kodam.
    c) Melaksanakan inventarisasi Tugu Batas Negara, dan Tugu Trianggulasi Tk. I s/d IV serta pemeliharaan Tugu Trianggulasi Tk. III dan IV.

    B. Tugas (melaksanakan Fungsi Organik Militer). Menyelenggarakan segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang pengamanan , personel, logistic dan binter terbatas dalam rangka mendukung tugas pokok Topdam.

    C. Tugas (melaksanakan Fungsi Organik Pembinaan). Menyelenggarakan segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan, program, dan anggaran serta latihan dalam rangka mendukung tugas pokok Topdam.

    Tempat Lembaga Pendidikan Kecabangan Topografi Angkatan Darat :

    1. Pusdiktop Kodiklat TNI – AD
    Jln. Sidikoro No.1 Surakarta Jawa Tengah 57114

    2. Sepatop Pusdiktop Kodiklat TNI – AD
    Jln. Pesantren Ds. Sariwangi Cimahi Utara Bandung Jawa Barat 40559

    Sumber : Dittopad

    IKUTI BLOG INI

    investama